Ajian Hardopusoro

HARDOPUSORO

Paguyuban ilmu mistik kebatinan berlatar belakang budaya dan filsafat Jawa (Kejawen) ini tergolong tua usianya. Paguyuban ini banyak melahirkan kaum waskita dan paling berpengaruh pada masa akhir Kolonialisme di Indonesia.
Lebih mudah menelusuri aliran kebatinan dari riwayat hidup para pendirinya. Sebab dari para pendiri paguyuban, kita bisa mengetahui apa dan bagaimana awalnya mereka mendapatkan WAHYU (saya menggunakan pendekatan internal dengan menggunakan bahasa kalangan kebatinan. Dalam khasanah agama Islam, Wahyu hanya diturunkan kepada para Nabi, sedangkan sesuatu yang turun kepada manusia biasa yang khusus diberikan oleh Tuhan karena sebab-sebab tertentu biasa disebut dengan Ilham atau intuisi yang sangat jelas dari Tuhan. wongalus). Dan dari turunnya WAHYU kepada seseorang tokoh pendiri kebatinan itulah, kita bisa mengetahui latarbelakang sosiologis dan filosofisnya.
HARDOPUSORO didirikan oleh KUSUMOWIDJITRO. Siapa Kusumowidjitro? Dia adalah salah seorang Kepala Desa di daerah Purworejo, Jawa Tengah. Purworejo adalah kota arah barat yang berbatasan dengan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kisahnya, pada tahun 1880 Kusumowidjitro tidak tahan dengan perlakuan kolonial yang menindas rakyat. Ia tinggalkan jabatannya dan pergi meninggalkan desanya karena melaksanakan aksi menolak membayar pajak.
Selama berpuluh-puluh tahun, dia mengembara ke berbagai hutan di Jawa Timur. Pengembaraan dihabiskan untuk berpuasa dan bertapa di dalam belantara yang penuh tantangan. Tidak ada guru spiritual khusus yang dipercayai menuntun perjalanan spiritualnya. Pada suatu hari, WAHYU turun setelah dia mencapai situasi PASRAH TOTAL pada Tuhan. Wahyu juga berbunyi agar dia menyebarkan kebaikan sekaligus ajaran-ajaran kebaikan kepada sesama manusia.
Hadirnya wahyu yang merupakan DAWUH dari GUSTI KANG AKARYO JAGAD ini jelas merupakan hal menandai berakhirnya satu era perjalanan spiritual untuk memasuki era baru yang lebih kompleks. Kusumowidjitro merasa itulah saat dia hidup kembali sebagai manusia yang sesungguhnya dititahkan mengemban tugas mulia: sebagai hamba-Nya. Dan dia pun mulai muncul di berbagai kota.
Pada tahun 1907, dia sudah diikuti oleh banyak pengikut di Banyuwangi. Namun sayangnya di tahun itu pula dia diusir oleh Pemerintah Kolonial Belanda karena khawatir melihat tanda-tanda gerakan kebatinan ini berbahaya dan bisa merongrong kewibawaan pemerintah kolonial. Untuk sementara waktu Kusumowidjitro mengasingkan diri ke hutan di wilayah pegunungan antara Malang, Blitar dan Kediri. Kharisma dan aura spiritual Kusumowidjitro tetap berbinar sehingga dia mendapatkan pengikut di era pengasingan diri ini.
Pada tahun 1913, Kusumowidjitro tercatat sudah muncul lagi di berbagai kesempatan. Salah satunya adalah hadir dalam forum paguyuban Masyarakat Teosofi –salah satu aliran kebatinan juga— dan dia berkhutbah di sana tentang praktik spiritual yang dijalaninya.
Hampir semua bagian ajarannya diakui masih misterius dan cukup sulit untuk dipaparkan. Sumber-sumber di paguyuban ini enggan memberikan keterangan. Bisa jadi ini dikarenakan sikap waspada para penganut paguyuban HARDOPUSORO karena saat itu pengawasan Belanda terhadap berbagai penganut aliran kepercayaan semakin ketat.
Penganut aliran kebatinan yang ada di paguyuban HARDOPUSORO melakukan kegiatan spiritual secara sembunyi-sembunyi dan menutupi aktivitas spiritual mereka dengan dalih acara SLAMETAN. Secara internal, ajarannya termasuk sulit sebagaimana paguyubannya yang tidak mudah dijumpai. Ajaran spiritual (wiridan) HARDOPUSORO pun dilarang untuk diamalkan bagi yang belum menjadi anggota. Segala pertanyaan menyangkut paguyuban ini juga dilarang untuk dijawab.
Biasanya Kusumowidjitro menyampaikan ajaran-ajaran mistik kebatinan pada tengah malam dengan memakai jubah putih. Pada setiap pertemuan, biasanya dilaksanakan tujuh tingkatan inisiasi atau pembaiatan. Setelah merampungkan pembacaan masing-masing jenjang wiridan tadi, hanya para anggota yang telah dibaiat pada level itu yang diijinkan keluar. Dalam satu sesi, hanya mereka yang telah menerima tujuh kali baiatan yang diijinkan tetap di tempat sampai akhir acara. Kemajuan melalui tingkat baiatan tergantung pada hafalan wirid dan pengamalan beberapa teknik tertentu yang berhubungan dengan tiap level.
Ajaran mistik HARDOPUSORO memang rumit. Dipenuhi dengan paradoks, dijejali dengan simbol-simbol dan mengatasi segala macam tataran akal. Berbagai macam teknik pada masing-masing baiatan itu diarahkan untuk membangkitkan kesaktian yang bersemayam di dalam tubuh.
TEKNIK UTAMA PEMBANGKITAN KESAKTIAN dilalui dengan cara KUNGKUM atau semedi dengan mengucap mantra, sambil duduk merendam diri sampai leher di sumber air yang dianggap memiliki daya keramat atau pertemuan antara dua aliran sungai yang oleh masyarakat biasa disebut dengan “tempuran”.
Pelahan-lahan latihan yang keras itu mengendur hingga akhirnya hanya cukup dengan SEMEDI atau MEDITASI dengan KAKI YANG DICELUPKAN DI DALAM SEMANGKUK AIR saja. Meskipun kekuatan magis atau KASEKTEN merupakan elemen pencapaian pada setiap jenjang baiatan, sesungguhnya TUJUAN AKHIR PERJALANAN SPIRITUAL PAGUYUBAN HARDOPUSORO adalah MELEBURNYA ANASIR FISIK DAN JIWA dari DIRI atau yang dikenal dengan MOKSA alias SUWUNG
Belum diketahui secara pasti, apakah paguyuban aliran kebatinan HARDOPUSORO ini masih ada di negeri kita atau tidak. Semoga masih ada sehingga kita tidak kepaten obor eksistensi saudara-saudara kita yang gigih berjuang untuk menemukan DIRI SEJATI ini.

No comments:

Post a Comment

PEMESAN TERBARU

M jaya saputra .Bandar lampung resi : 12512765312 /www.posindonesia.co.id
Reza zulmi .Samarinda resi : 12512765309 /www.posindonesia.co.id
Eko haridakusta .serang resi : 12512765325 /www.posindonesia.co.id
a zubaidi .jakarta selatan /resi : 12512765292 /www.posindonesia.co.id
D Trikjaya . Pangkalan Bun /resi : 12512764546 /www.posindonesia.co.id
:A Basari Jakarta timur resi : 12512764562 /www.posindonesia.co.id
Muhammad R : Pasuruan resi : 12512764559 /www.posindonesia.co.id
E Cahyono : Samarinda resi : 12512764413 /www.posindonesia.co.id
M Listyani : Palembang resi : 12512764400 /www.posindonesia.co.id
B Triyanto : Cilegon resi : 12512764393 /www.posindonesia.co.id
Ega : Jogjakarta resi : 020137593188 /www.tiki-online.com
D kritiawan : Palembang resi : 12512763978 /www.posindonesia.co.id
Youngky Pranata : cirebon resi : 12512763692 /www.posindonesia.co.id
Henri : Poso resi : 12512763676 /www.posindonesia.co.id
Nipiyanti : batam resi : 12512763689 /www.posindonesia.co.id
A yansyah : Sumsel resi : 12512763361 /www.posindonesia.co.id
Imron : Banten resi : 12512763358 /www.posindonesia.co.id
H Purwanto : Tanjung pinang resi : 12512763056 /www.posindonesia.co.id
Fandhori : Bojonegoro resi : 12512763098 /www.posindonesia.co.id
Maretha s : Jakarta resi : 12512763069 /www.posindonesia.co.id
H Wijaya : Palembang resi : 12512763085 /www.posindonesia.co.id
Andi F rasyid : BauBau resi : 12512763072 /www.posindonesia.co.id
donni :GORONTALO resi:15523193110XXX
robert:Kudus-JA TENG resi:Cash on delivery
Yandri:Tk.GORONTALO resi:1552318470XXX
arahman E:Jati:Kudus-JAWA TENGAH resi:Chash on delivery
linna :Tenggilis-Mejoyo-SURABAYA resi:1538705370XXX
diana : Tenggilis Mejoyo,- SURABAYA resi:1538705370XXX
JOKO:Mejoyo-SURABAYA resi:020106934XXX
RURY C UTAMI PONDOK MANIS MADIUN RESI JNE 0707606600XXX delivery
LUCIO BORROMOEO: JL MT HARYONO MALANG RESI: 1256984962XXX
ZUHRI A :SELANGOR MALAYSIA RESI : 1552319360XXX
RUDY .SH : JLN BALI KOTA KENDARI RESI:1684392050XXX
ZAITUN :TANJUNG UMA BATAM RESI : 020122859XX TIKI
ADHI CELLULAR : JLN SUDIRMAN DURI RIAU RESI JNE.1684392040XXX
DINA AFRIANI:BANDUNG resi:11745265790XXX
NETRI FEMINASARI:BUKIT SEKATUP DAMAI:Bontang-KAL TIM resi:1538705790XXX
EEN LESTARI:TEBU MANIS:Pontianak-KAL BAR resi:1552319400XXX
YUDHA FATHIA:Tk.Citra sari baru:Limba-GORONTALO resi:1552319390XXX
RINA:Polytron:Kudus-JA TENG resi:Cash on delivery
YUDHA.FATHIA:Tk.Citra sari baru:Limba-GORONTALO resi:1552318470XXX
ROHMATUL BAKHRE:Jati:Kudus-JAWA TENGAH resi:Chash on delivery
LANNY:Tenggilis-Mejoyo-SURABAYA resi:1538705370XXX
PUTRA : Tenggilis Mejoyo,- SURABAYA resi:1538705370XXX
JOKO:Mejoyo-SURABAYA resi:020106934XXX
AZRI RIZKI:P.Brayan darat-MEDAN resi:020106934XXX
NETRI :Bukit sekatup damai-BONTANG resi:1538703710XXX
SUGIYANTO :Bendungan hilir raya-JAKARTA resi:0201069352XXX
Agar di perhatikan untuk para pemesan agar menyertakan kode tingkatan bulu perindu yang di pesan supaya kami tidak mengirimkan panduan yang salah pada anda